Jumat, 05 Oktober 2012

TUGAS TAMBAHAN MINGGU 1 , Soal No 2 (Hedoisme dan Egoisme)



2. Apa perbedaan antara Hedoisme dan Egoisme ?

    Jawaban :



Kata "egoisme" merupakan istilah yang berasal dari bahasa latin yakni ego, yang berasal dari kata Yunani kuno - yang masih digunakan dalam bahasa Yunani modern - ego (εγώ) yang berarti "diri" atau "Saya", dan-isme, digunakan untuk menunjukkan sistem kepercayaannya. Dengan demikian, istilah ini secara etimologis berhubungan sangat erat dengan egoisme filosofis. Egoisme adalah cara untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang menguntungkan bagi dirinya sendiri, dan umumnya memiliki pendapat untuk meningkatkan citra pribadi seseorang dan pentingnya - intelektual, fisik, sosial dan lainnya. Egoisme ini tidak memandang kepedulian terhadap orang lain maupun orang banyak pada umunya dan hanya memikirkan diri sendiri.

Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani ἡδονισμός hēdonismos dari akar kata ἡδονή hēdonē, artinya "kesenangan". [3] Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri.[4] Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. [1] Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. [2]

            Dari paparan di atas maka saya dapat menarik kesimpulan mengenai perbedaan antara egoisme dengan hedoisme. Egoisme merupakan salah satu sifat manusia yang lebih mementingkan dirinya sendiri dari pada kepentingan orang banyak. Sedangkan Hedoisme merupakan suatu pandangan dimana kesenangan itu adalah segala-galanya.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar