Sabtu, 01 Januari 2011

Baso Ayam Maknyos


Bahan Bahan :
-          ½ Kg  Daging Ayam
-          4 Siung bawang Merah
-          3 Siung bawang putih
-          2 buah puti telur
-          2 sendok bawang goreng
-          50 gr  Tepung Sagu
-          Es Batu Secukupnya
-          9 Sendo Garam
-          1 Sendok Gula
-          3 Sendok Merica Bubuk
-          2 buah kemiri
-          -1 Lembar daun Seledri
-           
Cara Membuat :

-          Untuk membuat kuah bakso kita tumis Bawang merah, Bawang putih, kemiri yang telah dihaluskan.
-          Ambi Sisa – sisa tulang ayam lalu dan masukkan 2 Liter air ke dalam panci, lalu masukkan 1 Sendok gula,2 Sendok Garam Dapur. Setelah itu masukkan bumbu- bumbu yang telah ditumis sebelumnya. Rebus hingga matang.
-          Sambil menunggu air tersebut matang, kita ambil daging ayam lalu masukkan ke dalam belender dan es batu secukupnya, lalu masukkan 4 senduk air, lalu haluskan .
-          Setelah itu Siapkan tepung sagu, lalumasukkan  daging ayam yang telah dihaluskan, masukkan juga merica bubuk,  putih telur, bawang goreng, merica bubuk  ke dalam adonan tersebut, lalu,masukkan air secukupnya hingga adonan mengental, Llu aduk hingga merata. Lalu bentuk adonan tersebut sesuai yang kita inginkan.
-          Setelah itu Siapkan panci lagi untuk memasak bakso, dengan memasukkan air secukupnya, Lalu  masukkan adonan yang telah dibentuk . diamkan hingga adonan tersebut/ bakso mengapung. Hal tersebut menunjukkan bahwa bakso telah matang
-          Setelah bakso matang kita masukkan ke dalam mangkok, dan masukkan kuah bakso secukupnya, untuk menambah gurih bakso kita masukkan bawang goreng secukupnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar